/ FIKSI, ROMANSA

Teman Tapi Menikah Itu Judul Film Indonesia Cak!

Paciran ❤ Lamongan

Hanya catatan ringan: TTM, kalau dijamanku sekolah, ini singkatan dari rangkaian kata teman tapi mesra. Lebih dipahami sebagai pertemanan antar dua remaja bejenis kelamin berbeda dengan tingkat intimasi yang lebih dari teman. Tanpa status “pacaran”, “gendak-an”, atau cem-cem-an. Tetapi ngalor-ngidul ya berdua saja.

TTM dulu judul lagu yang dibawakan oleh duo Ratu. Sekarang, TTM jadi judul film yang diperankan oleh… siapa ya? Pokoknya, kali ini saia cuma mau mencoba menyematkan sebuah film Indonesia, yang juga sudah pernah ditayangkan di penyedia layanan streaming Viu dan Hooq. Dan kebablas di-bajak oleh bangsa sendiri, maklumlah, negara agraris.

Cuplikan Film TTM 2018

Karena sudah kadung kevajak sekalian saja dijadikan bahan untuk mencoba fitur embed (semat) video yang di-hosting di situs openload dengan memanfaatkan container video responsive bootstrapp

Biasanya, kode semat yang diberikan oleh (misalnya) Youtube, perlu mencantumkan nilai width dan height agar tidak mletot sana-sini. Sayangnya kalau ukuran layar lebih kecil, video sematan akan terpotong.

Ternyata element iframe yang di berikan oleh situs video streaming (baik itu youtube atau lainnya) bisa dibuat responsive, maksudnya menyesuaikan layar dan tidak harus merubah nilai width dan height. Tetapi hanya dengan membungkusnya saja seperti yang terlihat di bawah postingan.

Misalnya saja sudah mendapat kode embed seperti berikut:

<iframe src="http://link.sematan.situs/youtube/dan-lainya" scrolling="no" frameborder="0" width="740" height="340" allowfullscreen="true" webkitallowfullscreen="true" mozallowfullscreen="true"></iframe>

Maka kita tambahkan saja class baru embed-responsive-item dalam elemen iframe dan hilangkan nilai width dan height sehingga menjadi:

<iframe class="embed-respomsive-item" src="http://link.sematan.situs/youtube/dan-lainya" scrolling="no" frameborder="0" allowfullscreen="true" webkitallowfullscreen="true" mozallowfullscreen="true"></iframe>

Kemudian dibungkus lagi dengan elemen div dengan class baru embed-responsive embed-responsive-16by9 Kurang lebih seperti ini:

<div class="embed-responsive embed-responsive-16by9">
<iframe class="embed-responsive-item" src="http://link.sematan.situs/youtube/dan-lainya" scrolling="no" width="740" height="340" frameborder="0" allowfullscreen="true" webkitallowfullscreen="true" mozallowfullscreen="true"></iframe>
</div> 

Jadi, jika situs atau blog sudah terdapat plug-in bootsrapp, bisa menjadikan video lebih enak dilihat, meskipun jika dilihat di ponsel tingginya tetap 340 pixel. seperti sematan berikut:

Selain dipakai untuk membungkus kode sematan, container responsif ini bisa di pakai juga untuk element video HTML 5 seperti yang pernah saia pakai dipostinga blog untuk membungkus video lagu Para Penerka-nya Iwan Fals.

Penutup

Teman Tapi Menikah bukan cuma ada di film! Koncoku yo akeh mblo.. :D

Okay, karena sudah kadung terpasang, kita nikmati bareng biar gak mubazir. Mau nonton bareng teman? Teman yang mana?

mukidi

Jon Mukidi

GaPenting, buronan para penagih hutang, reskrim, camer, hingga homo keparat yg keponya kebangetan.

Read More