/ INTERNET, EKONOMI

Google vs Apple: Apa yang Dijual, Kepada Siapa?

Paciran ❤ Lamongan

“Why can Google give me unlimited storage for life and Apple charges for more than more 5Gb?”

Apa sih Google itu? Jika kamu menjawab bahwa Google adalah sebuah ‘perusahaan di bidang teknologi’ atau ‘perusahaan mesin telusur/pencari’, kamu salah. Sebenenarnya, Google adalah perusahaan per-iklanan.

Google memberikan banyak hal secara gratis. Semua gratisan itu adalah pembelian Google atas dirimu.

Google memperoleh pendapaatan dengan menjual dirimu. Atau lebih spesifik lagi, data yang dikumpulkan dari tingkah polahmu selama menggunakan layanan gratis milik Google. Google menjual semua informasi tersebut keppada para peng-iklan. Dan tahukah kamu, bahwa informasi yang dijual oleh Google ternyata lebih mendetil dan spesifik dari yang kamu sangka.

If you are not charged for a product, you are the product.

Semua aktivitas yang kamu lakukan dengan memakai semua layanan gratis yang disediakan Google akan direkam dan dianalisa untuk mempelajari kebiasaanmu secara lebih lanjut. Setiap e-mail yang kamu terima pada Gmail dipindai untuk menemukan kata kunci. Google tahu apa yang kamu suka, apa yang kamu benci, yang kamu takutkan, apa yang kamu beli, pandangan politik seperti apa yang kamu anut, kecenderungan seksal macam apa yang kamu sukai dand seterusnya.

Google is a Spy Agent

Google juga pasti bisa menyimpulkan pola kebiasaan kamu dari data yang dikumpulkan. Semisal, jam berapa kamu mulai bekerja dan berapa jarak tempatmu bekerja dengan rumah kamu. Bisa jadi, Google juga tahu ketika kamu pernah/sedang berselingkuh. Informasi yang didapat dengan meng-gratis-kan semua layanannya ini bisa dikatakan bisa membuat organisasi agen mata-mata klasik, sebut saja KGB atau CIA, malu segaligus meneteskan air liur, iri.

Menjual akses informasi yang didapatkan dari kamu kepada orang lain atau pihak ketiga, adalah model bisnis Google. Namun (untungnya) bukan kepada lembaga pemerintahan maupun penyelidik prifat, karena mereka tidak akan mau membeli data sensitif ini dengan harga mahal. Mereka adalah yang merupakan pioneer dalam model bisnis ini, yang kemudian ditiru dan dikembangkan lebih jauh oleh Facebook.

Google Adsense

Bisa dibilang bahwa Google, mendapatkan penghasilan yang sangat besar dengan menjual akses untuk melihat informasimu kepada orang yang ingin menjual sesuatu kepadamu.

Apple dan Google, the verdict.

Ketika kamu berurusan dengan Google, kamu adalah barang dagangan, sedangkan pembeli produk per-iklanan Google adalah pembelinya. Namun Jika kamu memakai layanan dari Apple, maka kamu adalah pembelinya, Apple menjual komputer. Google menjual kamu. Inilah kenapa harga yang harus kamu bayar kepada Google lebih murah (bahkan gratis) sedangkan layanan serupa dihargai lebih mahal oleh Apple.

mukidi

Jon Mukidi

GaPenting, buronan para penagih hutang, reskrim, camer, hingga homo keparat yg keponya kebangetan.

Read More