/ DESAIN, COREL DRAW

Desain Baru Logo D Warkop Paciran (CorelDraw 12)

Paciran ❤ Lamongan

Logo Baru D' Warkop Paciran

Gambar .jpg diatas merupakan desain baru logo D’ Warkop Paciran yang saya buat menggunakan CorelDraw 12. Alasan utama pemakaian versi jadul ini cukup klise: ringan. Oh iyo, ada insiden yang cukup menarik menyoal versi jadul melawan versi terbaru dari editor gambar vektor ini. Sepertinya, hasil edit dari CorelDraw 12 tidak bisa dibuka melalui CorelDraw X8.

Kok aneh? Hasil edit versi lama seharusnya bisa dong dibuka pada software versi terbaru? Jangan tanya saia kenapa. Kisah ini bermula ketika saya mengirimkan file .cdr hasil desain-desain banner event PPC 2 ke percetakan. Ndilalah menurut yang jaga, kok ndak mau dibuka. Dan ketika saya tanya via Whatsapp jawabannya: “kita pakai corel 7 mas, punya mas-nya versinya tinggi sekali ya?”.

Wuiiih… ternyata masih ada yang memakai versi lebih jadul, pantas tidak bisa dibuka, pikir saia. Tetapi saat saya datangi, ternyata yang dipakai sudah Corel X7. Mungkin dalam pikiran yang jaga, Corel yang saya pakai ini versi X12 dan file tidak bisa dibuka karena versi saya lebih tinggi. Padahal sebaliknya. Dan yang unik, memang benar-benar tidak bisa dibuka walaupun seharusnya bisa.

Jadi, saia mewanti-wanti pengguna CorelDraw X7 atau X8 yang ingin mengunduh file corel (.cdr) di bawah ini agar tidak terlalu berharap. Jad saia sediakan juga versi bitmap-nya (.jpg) juga.

Seperti Bebek mencoba berbicara pada Kambing

Jika dipikir, ini gara-gara pemberian nomor versi CorelDraw yang salah. Yang saya ingat, perubahan nomor versi ini memang sejak versi 12 menjadi versi 13. Nah versi 13 ini yang kemudian menjadi X3 karena menghindari angka 13 yang dianggap sial. Dan penomoran versi model begini yang membikin runyam. Kenapa tidak pakai X sebagai pengganti angka satu sejak Corel 10 coba?

Intinya, Perbedaan penyebutan versi ini jadi gak nyambung karena kita beda pemahaman. Dia masuk generasi milenial yang mengenal Corel versi X yang menganggap bahwa X itu tidak punya arti, sedangkan saia termasuk generasi antique peninggalan jaman batu yang sudah mengenal Corel sejak Corel 9 dan paham bahwa X itu adalah pengganti angka 10. Itu saja sih..

Bonus Anime dan Corel Draw 12

Corel Draw 12

Anime dengan judul: Sword Art Online: Alicization Episode 1, (kebetulan) sudah saia tunggu-tunggu. Niatnya, Kingin memajang kode sematan ( embed ) yang saya ambil paksa memakai fitur inspect element dari browser Chrome dari situs berbagi video zippyshare. Tetapi selang satu hari kemudian tidak bisa diputar. Jadi saya hilangkan saja.

Untuk jaga-jaga kalau installer saya hilang atau terhapus atau ganti laptop, saia tempelkan link download Corel Draw Graphic Suite 12 yang agak susah untuk didapatkan saat ini. Ada 3 link unduhan saya dapatkan dari postingan blog lawas forumgenkster.blogspot.com. Dari ketiga tautan, hanya ada satu yang masih aktif, yakni dari situs solidfiles.

Silahkan unduh di sini dan ekstrak menggunakan software winrar dengan password seperti yang muncul dalam tautan di atas.

mukidi

Jon Mukidi

GaPenting, buronan para penagih hutang, reskrim, camer, hingga homo keparat yg keponya kebangetan.

Read More