/ KULINER, TUTORIAL

Cara Membuat Jumbreg Khas Paciran Lamongan

Paciran ❤ Lamongan

Wilayah pesisir pantai utara (pantura) kecamatan paciran memang menjadi wisata lamongan. Selain punya wisata, kecamatan paciran juga punya makanan khas yaitu “jumbreg”. Mungkin kita terdengar aneh waktu pertama kali mendengar kata-kta jumbreg tapi, percayalah makanan yang terbuat dari campuran tepung beras, santan, dan sirup gula (ed: dalam bahasa lokal: Juroh) ini sangat enak. Nah, bacalah dibawah ini cara pembuatannya.

Pertama, tepung beras diaduk dengan santan, proses pengadukan ini kurang lebih memakan waktu 25 menit. Pada waktu yang sama, sirup gula siwalan direbus dengan sedikit air didalam tungku kayu bakar. Proses paling lam dalam tahapan membuat jumbreg kira-kira memakan waktu satu jam hingga sirup mendidih. Sirup yang digunakan sirup gula merah siwalan.

Kedua, setelah mendidih sirup gula merah siwalan dituangkan pada adonan tepung beras dan santan yang yang sudah dicampur tadi. Lalu tambah sedikit tepung tapioca untuk menambah tekstur kenyal. Kemudian semua adonan diaduk hingga rata. Dan kalau musim nangka biasanya ditambah dengan irisan nangka. Adonan ini kemudian dituang kedalam daun lontar yang telah dibentuk menjadi kerucut menyerupai trompet yang panjangnya kira-kira 25cm

Ketiga, Saat semua adonan sudah dimasukkan kemudian dikukus dalam sebuah kukusan kuno yang ditaruh di dandang. Kukusan dan dandang ini sama seperti yang digunakan untuk menanak nasi zaman dulu Kurang lebih butuh waktu 30 menit hingga jumbreg benar-benar matang. Dalam waktu 30 menit dandang harus dibuka tutupnya agar adonannya tidak menggelembung.

Silahkan mencoba semogaa bermanfaat.

ctt: Jumbreg adalah penamaan lokal, di daerah lain juga ada makanan dengan bentuk serupa dengan nama Kue Celorot, editor: jon mukidi

infiroh

Infirohah

Hitam dengan kungkungan putih bersama cahaya yang mengiringi bentuk yang melingkar tapi terputus-putus di setiap bagian

Read More