/ TUTORIAL, PADI REBORN

Membunuh Waktu: Membuat Playlist Lagu-lagu Padi, Online Boss!

Paciran ❤ Lamongan

Seperti biasa, karena saking nganggure, Saia butuh kegiatan yang membuat jari (secara spesifik: dua jempol) sibuk. Setelah dua hari tak ada hal baru dalam keseharian saia; ngopi, jandon, main game War Robots atau PUBG sambil tiduran tentu saja. Akhirnya ketemu juga yang belum pernah saya coba: Membuat sebuah audio player sederhana dengan fitur playlist.

Tujuannya tentu saja agar bisa memainkan beberapa file audio sekaligus sesuai dengan urutan yang ditentukan dalam playlist. Secara sederhana, jika hanya memakai tag audio HTML5 saja hanya bisa memainkan satu file audio saja dalam satu tag. Dan harus menekan kembali tombol play lagi jika ingin memutar file audio lainnya. Tidak nyaman tentu saja.

Setelah melihat beberapa metode yang ada di internet, ada satu cara yang relatif mudah. Dan saia coba implementasikan di halaman lain yang memuat beberapa lagu milik band Indonesia: Padi, dari album pertama.

Embed

Dari penjelasannya, untuk melakukannya termasuk mudah dan sudah mampu menampung playlist .m3u, sebagai contohnya:

<embed name="music_playlist"
src="/music/music_playlist.m3u"
width="150"
height="90"
loop="false"
autostart="true"/>

Niatnya, ingin membuat sebuah playlist dengan 3 lagu Padi:

  1. Sobat - link
  2. Bidadari - link
  3. Mahadewi - link

Sayangnya, setelah di coba beberapa kali tetap saja tidak bisa. Bohong besarr…

Yasudahlah Padi

Yasudahlah.. Pakai tag audio saja

Cekrek!

Maafkan aku sobat…

Jika berhasil, ya, jika berhasil, yo uapik sanget toh.

Mmm… sudah hampir 2 jam terlewati hanya untuk tulisan ini. Dan menghabiskan waktu se-sore kemarin untuk mencoba di localhost. Lumayanlah, bisa membunuh waktu dengan hal berguna yang sebenarnya gak guna banget.

Untuk saat ini, dunia musik Indonesia, khususnya sobat Padi, masih hype atas band legendaris Padi yang lahir kembali. Saat konser pulang kampung di Surabaya 10 November, ada kado kecil berupa single terbaru berjudul Kau Malaikatku. - link

Dan sebagai bonus, ada 2 lagu lagi yang (sepertinya) dibawakan sodok seje: 1. Sobat link dan 2. Semua Tak Sama link. Coba dengarkan versi live-nya di bawah ini:

Uyup sek kopine… Next time, pakai javascript saja. Ada dua yang perlu di coba:

  1. Contoh audio player via jsfidle
  2. Contoh audio player via codepen
mukidi

Jon Mukidi

GaPenting, buronan para penagih hutang, reskrim, camer, hingga homo keparat yg keponya kebangetan.

Read More