/ ADSENSE, MENULIS

6 Tips Mudah Agar Blog Langsung Diterima Google Adsense Dengan Cepat

Paciran ❤ Lamongan

Google Adsense adalah salah satu dari sekian model bisnis Google yang menjembatani pemilik produk atau jasa (peng-iklan) untuk menempatkan iklan pada media (blog/situs) milik publisher yang kemudian akan mendapat bagi hasil (bayaran) dari harga yang telah dibayar oleh peng-iklan.

AdSense adalah program kerjasama periklanan melalui media Internet yang diselenggarakan oleh Google. Melalui program periklanan AdSense, pemilik situs web atau blog yang telah mendaftar dan disetujui keanggotaannya diperbolehkan memasang unit iklan yang bentuk dan materinya telah ditentukan oleh Google di halaman web mereka. Pemilik situs web atau blog akan mendapatkan pemasukan berupa pembagian keuntungan dari Google untuk setiap iklan yang diklik oleh pengunjung situs, yang dikenal sebagai sistem pay per click (ppc) atau bayar per klik. Wikipedia

Adsense, bisa dikatakan sebagai sumber penhasilan utama yang cukup menggiurkan bagi para pemilik situs dan blog. Tak sedikit juga blogger pemula yang mendaftarkan blog miliknya sebagai partner Google Adsense dan berusaha sekuat tenaga agar blognya dapat dengan mudah diterima oleh Google Adsense. Berbagai upaya juga dilakukan agar proses review menjadi lebih cepat. Namun tak sedikit yang harus kecewa ketika begitu lama menunggu proses review, tetapi hasilnya malah ditolak karena alasan tertentu yang kadang tidak dipahami, terutama untuk blogger pemula

Nah, bagi kamu yang sudah pernah mengalami hal ini (ditolak Adsense atau review terlalu lama) ada tips mudah agar proses review menjadi lebih cepat dan memaksimalkan peluang diterima oleh Google Adsense. Bagi kamu yang belum mengajukan juga bisa mengikuti 6 tips mudah yang akan membantu blog kamu cepat diterima sebagai mitra Adsense. Yuk simak tips-tipsnya berikut ini.

1. Gunakan Template atau Theme yang mobile friendly.

Maksudnya, tampilan blog haruslah bisa dikases dari perangkat mobile dengan baik. Menjadikannya mempunyai tampilan yang berbeda dari tampilan desktop ketika dibuak dari perangkat mobile. Ini sesuai dengan arahan dari blog resmi Google Webmaster di halaman ini.

Mobile Friendly

Yang dimaksud tampil baik disini adalah layout tidak menjadi berantakan, teks tulisan masih bisa dibaca dengan baik, gambar (jika ada) tidak mletot atau melebihi tampilan layar sehingga menjadikannya hanya tampil sebagian. Termasuk menu navigasi, yang akan dibahas di poin terakhir. Jika sudah memakai layout mobile friendly, silahkan test terlebih dahulu dengan mengunjungi halaman ini untuk memperbaiki kesalahan yang mungkin muncul.

2. Buat 4 menu navigasi penting.

Navigasi halaman utama yang menjadi syarat dan pertimbangan untuk diterima oleh Google Adsense adalah About, Contact, Privacy policy dan Disclaimer.

Halaman About atau Tentang, bisa diisi dengan perkenalan tentang blog atau situs. Entah itu latar belakang, fokus tulisan yang diulas dalam blog atau bisa juga tentang profil kamu sebagai penulis blog jika situs yang kamu daftarkan adalah blog pribadi.

Halaman Contact, bisa di isi dengan alamat surat menyurat baik secara fisik maupun elektronik. Tren untuk format halaman ini adalah berupa form kontak yang bisa diisi oleh pengunjung dan akan masuk langsung ke alamat e-mail admin blog. Beberapa blog dan situs juga melengkapi dengan kontak via Social Messenger semisal WhatsApp, Line dan BBM.

Contoh Navigasi

Halaman terpenting yang harus ada dalam mendaftarkan blog adalah Privacy Policy yang menyatakan kebijakan situs atau blog dalam mengelola data analitis yang dikumpulkan. Halaman ini harus menjelaskan bagaimana cara blog mendapatkan data pengguna, apakah dikoleksi sendiri atau bantuan pihak ketiga seperti Google Analytics dan bagaimana blog kamu atau analitik pihak ketiga yang kamu gunakan mengelola data pengguna tersebut.

Halaman Disclaimer juga sangat diperlukan. Terutama untuk blog atau situs kamu sendiri. Dalam halaman ini kamu sebagai penulis bisa memberikan penjelasan apa saja yang ada dalam lingkup tanggung jawab kamu dan situs kamu dari artikel yang telah kamu terbitkan. Tuliskan juga hal-hal yang tidak berada dalam lingkup yang menjadi tanggung jawab kamu atau situs kamu atas dampak artikel yang kamu terbitkan.

Sebagai pelengkap bisa ditambahkan halaman Sitemap*” atau **Daftar isi yang berisi daftar judul artikel dan tautan menuju artikel tersebut. Sebaiknya membuat halaman ini bisa memperbarui secara otomatis ketika ada artikel atau postingan baru. Halaman Term of service (ToS) juga bisa ditambahkan jika ada karya atau layanan yang kamu sediakan dalam blog kamu. Misalnya parser/konverter kode iklan Adsense.

3. Artikel original

Google lebih menyukai Blog yang berkonten asli. Karena artikel asli pasti lebih banyak nongkrong di halaman depan pencarian. Postingan yang nangkring di page one Google akan membuat artikel blog banyak dikunjungi dan Google Adsense tentu lebih suka jika tampilan iklannya menjadi lebih sering tampil. Jika blog kamu sebelumnya pernah mempublikasi artikel orang lain, langsung hapus artikel tersebut. Semua postingan copas sangat tidak baik untuk kesehatan blog! Bukan hanya blog orang lain, tetapi blog kamu semakin lama akan turun nilanya di mata Google.

Gunakan gambar tanpa hak cipta. Jika artikel blog memang membutuhkan gambar ilustrasi, sebisa mungkin menggunakan gambar sendiri. Atau jika terpaksa menggunakan gambar dari situs lain, tambahkan credit untuk situs tersebut di bawah gambar.

Buat halaman Facebook, akun Twitter dan lengkapi profil Google Plus. Setelah itu tautkan dengan situs dan blog yang sedang atau akan kamu daftarkan ke Google Adsense.

Tautan Sosial Media

Akun sosial media ini sebenarnya lebih ditujukan untuk pengunjung situs. Jangan salah, hal ini masuk dalam cakupan review Google Adsense karena Google lebih menyukai situs atau blog yang dibuat untuk manusia bukan untuk mesin pencari. Dengan menambahkan akun sosial media bisa menunjukkan bahwa blog kamu juga punya ruang untuk berinteraksi dengan pengunjung setianya di tempat lain.

Kalau dipikir secara logika, jika Google suka, otomatis akan masuk juga dalam kriteria yang dipakai untuk menentukan urutan atau rank dalam halaman pencarian miliknya. Jadi bisa berakibat bagus untuk SEO blog kamu.

5. Pasang widget artikel di sidebar

Tambahkan widget daftar kategori atau label ke sidebar blog atau situs. Ketika artikel dalam blog sudah banyak tentu label yang kamu gunakan untuk menandai artikel-artikel tersebut akan mebjadi sangat banyak dan memenuhi ruang dan malah mempersulit navigasi. Jadi, sebaiknya jangan tampilkan semua label atau kategori, pilih label tertentu sesuai niche blog atau paling banyak dipakai untuk tag-ing postingan.

Pasang juga widget artikel populer dan archive blog di sidebar. Selain untuk mempermudah pengunjung, sidebar ini akan memudahkan Google dalam menelusuri halaman yang layak di promosikan di halaman depan Google.

6. Buat menu navigasi di header yang jelas.

Terakhir, buatlah menu atau navigasi halaman yang ada di header blog dan situs bisa dilihat dengan jelas dan mudah diakses. Untuk kemudahan akses menu ini, Google juga punya kriteria tersendiri. Tetapi yang perlu kamu perhatikan adalah bahwa menu tautan harus bisa di-klik dengan mudah ketika situs dibuka dari perangkat mobile. Tidak terlalu kecil sehingga sulit untuk disentuh dengan jari juga tidak terlalu besar yang malah memenuhi ruang dan menutupi konten utama.

Semoga dengan membaca dan melaksanakan 6 Tips Mudah Agar Blog Langsung Diterima Google Adsense diatas bisa mempercepat proses review jika situs kamu masih dalam prose menunggu kepastian diterima atau tidak. Dengan menata blog atau situs kamu dengan 6 poin krusial yang sudah dijelaskan diatas dengan baik, diterima menjadi partner Google Adsense bukan hanya sebatas mimpi.

Namun, ketekunan dan keberlanjutan dalam membuat artikel baru yang orisinil itu lebih dari segalanya. Salam publisher dan selamat menulis!

mukidi

Jon Mukidi

GaPenting, buronan para penagih hutang, reskrim, camer, hingga homo keparat yg keponya kebangetan.

Read More